Minggu Ujian nan Menyedihkan

Minggu ini adalah minggu yang paling kamfret bagi gue dimana minggu ini adalah minggu yang penuh dengan ulangan-ulangan. Mulai dari ulangan Matematika sampai ulangan Agama. 

Matematika adalah salah satu pelajaran mematikan yang banyak dibenci oleh sebagian siswa termasuk gue.

Awalnya pas SD gue suka matematika, kenapa? karena pas SD gue cukup menguasai pelajaran ini. Awal masuk SMP udah kenal yang namanya Aljabar dan kawan-kawannya.

Dari sini gue udah mulai enek sama matematika cenderung benci sih. Di SMA ini gue niatnya mau perbaikin nilai matematika gue.

Hualaah di SMA juga malah nambah susah materinya ditambah sama temen-temen yang pada gak niat matematika. Akhirnya gue juga ikut-ikutan gak niat buat pelajaran matematika.
Gue pun mengubur cita-cita untuk mencari pekerjaan yang berhubungan dengan matematika. Kalopun berhubungan semoga aja cuma matematika dasar yang lumayan gue kuasai.

Pertemuan pertama gue masih semangat ngikutin pelajaran. Setelah dijelasin materinya, soal, dan pembahasannya gue pun bisik-bisik ke temen gue.

"Sst, Lu ngerti kagak?"

"Kagak"

"Lah tadi ngapain ngangguk-ngangguk?"

"Biar dikira ngertilah bego!"

Ternyata temen gue juga sama kaya gue. Gak mudeng sama pelajarannya.

Pertemuan kedua gue udh gak semangat lagi ngikutin pelajaran cenderung males dan molor terus di kelas.

Pas disuruh nyatet juga gue cuma nyatet beberapa aja.

Karena gue dikelas IPS, Ya mayoritas pada gak jago di matematika. Cuma beberapa aja yang jago. Tapi tiap gue tanyain nilai UN tertinggi lo apa? mereka pada jawab matematika. Sedangkan gue nilai tertingginya adalah Bahasa Inggris.

Dan sebaliknya ketika gue nanyain mereka nilai UN terendah ? mereka pada jawab Bahasa Inggris. Sedangkan gue nilai terendahnya adalah Matematika. Kayanya gue salah kelas deh.

Tapi kenyataannya adalah ketika mereka-mereka ngikutin pelajaran matematika juga pada gak mudeng. Ibaratnya masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Cebok tangan kiri gayung tangan kanan. (Sumpah ini gak jelas banget)

Ulangan pun tiba. Gue belum tau di kelas ini yang tukang lapor ke guru siapa, yang tukang nyontek siapa, yang tukang nyontek terus lapor ke guru siapa.
Gue gak bisa sebebas pas di SMP dulu. Karena gue belum ngerti 100% keadaan kelas gue, apakah bisa diajak kompromi atau tidak.

Dan kampretnya pas mau ulangan malah ada tugas yang ngebuat pusing kepala. Jadi fokus gue malah ke tugasnya itu bukan ke materi yang buat ulangan.

Dan berakibat gue bengong liatin soal ulangan dikeesokan harinya.

Ulangan berlangsung selama 75 menit dengan 5 soal. iya sih cuma 5 soal. tapi itu bagi gue kaya 50 soal coeg.

Soal gue tatap terus, berharap dapat hidayah dari Allah.

Gue tengok kanan kiri pada sibuk semua ngerjain soal.

Kebetulan nih dibelakang gue ada temen kampret yang nyontek temen sebelahnya. Gue-pun ngasih kode supaya dia ngasihin lembar jawabnya kalo dah selesai.  (Dari sini kita sebut temen gue, si Kamfret 1)

Sambil nunggu si Kamfret 1 selesai gue pun mencoba mengamati gerak-gerak temen-temen gue. Kurang kerjaan emang, tapi ini seru.

Gue lihat temen yang di depan udah pada garuk-garuk kepala. Geleng-geleng. Copot kacamata. Bediri dan ngeluarin rasengan eh gak ding. Dari depan, Mari kita lihat yang dibelakang pojok lagi. Sepertinya yang belakang udah bisa ngerjain tapi dengan jurus asal-asalan. yang didepannya juga bego. Jurus asal-asalan di contek pula!

Gurunya disini masih Mahasiswa KKN/PPL. Si guru juga sibuk keliling monas kelas dengan pandangan tajam menyisir tiap sudut kelas. Ternyata si Guru lagi nyari duit gopeknya yang jatoh. (Sumpah ini absurd banget)

Gue tanya ke temen semeja gue.

       "Udah nyampe nomer berapa?"

       "Belom, Baru juga mulai"

       "Anjay, daritadi lo ngapain aja?"

       "Baca situasi bro" (dari sini kita sebut dia si Kamfret 2 dan selanjutnya si kamfret 2 buka buka              catetan dan mulai ngerjain)

Lo kira si kamfret 2 dengan buka buku catetan dia bakal bisa ngerjain soalnya dengan benar? Kenyataanya salah besar!

       "Udah belom bacanya?"

       "Bentar, Gue gak ngerti nih gimana caranya"

       "Bangke!"
Dari sini si kamfret 2 udah gak bisa diarepin lagi. Mari kita lihat ke si Kamfret 1

        "Woy Coeg dah selesai belom, Lama amat"

        "Bentar cuk, Nomer lima nih."

        "Oh Ok Ok, Buruan"

Masuk ke menit injury time yaitu di menit 60 si Kamfret belom selesai juga. Akhirnya gue inisiatif buat mencoba ngerjain soal sendiri. Dengan kekuatan otong otak gue, guepun selesai ngerjain dengan jurus asal-asalan pada satu nomer. Disini gue udah bodoamat sama nilai yang penting kertas gue gak kosong!.

Di menit 65 dateng pak guru katanya disuruh ngambil seragam olahraga di lab kimia. Okesip, Berarti gue dapat kesempatan buat nanya-nanya ke temen. Dalam perjalanan menuju dan dari lab kimia guepun nanyain ke temen tentang jawaban soalnya dan jawaban mereka beda 100% sama jawaban gue. dari situ gue udah panik dan kerasa mau boker.

Pas balik ke kelas ternyata si Kamfret 2 alias temen semeja gue udah hampir selesai. Dengan perasaan ragu-ragu guepun nyontek jawaban dia, pas lagi ditengah perjalanan eh si Kamfret 1 ngasihin lembar jawabnya ke meja gue. Disini gue bingung mau nyontek yang mana, secara jawaban si Kamfret 1 sama si Kamfret 2 beda banget. YANG BENER YANG MANA INI?????

Dengan diiringi bacaan bismillah gue pun menulis jawaban gabungan dari si kamfret 1 dan si Kamfret 2 baru sampe nomer 5 eh si kamfret 1 udah ngambil lembar jawabnya dan ngumpulin ke guru. KAMPRET BENER!

Karena udah kagol dan males gue pun ngumpulin jawaban dengan nomer 5 kosong dilembar jawab gue dan keluar kelas diiringi lagu Were The Champions. Ulangan Matematika DONE!~

bersambung...

Comments

Popular posts from this blog

Hari Ketiga

Hari Ke Sembilan

Mencoba Menulis (day 1)