The End

SMP N 6 Yogyakarta
Gak kerasa udah 3 tahun gue sekolah di situ. Suka duka banyak sekolah disitu dari pertama kali nginjek serasa asing banget sama nih sekolah soalnya gue gak ada niat sebelumnya mau daftar di sini. Gue masih inget banget dulu pas kelas 6 gue lebih milih SMP biasa aja (Gak jelek Gak bagus) di daerah sleman berhubung Nilai Evaluasi Murni (NEM) gue lumayan yaitu 27,50 tapi NEM segitu belum bisa masuk SMP favorit di Kota Jogja.. Huftt...

Gue SDnya di daerah Sleman, masih desa lah warganya juga kebanyakan berprofesi jadi petani dan keadaan ekonominya hampir sama semua. Di SD itu gue dipandang orang kaya mungkin karena design rumah yang dibuat sama ayah gue terlalu wah kali yaa.. Padahal uang jajan gue lebih kecil dari mereka. Sekolah lah gue disitu selama 6 tahun dan lulus lalu lanjut ke SMP.

Awalnya gue lebih setuju SMPnya di deket rumah gue soalnya daerah situ pasti gue udah kenal anak-anaknya kalopun gak kenal pasti cepet kenalnya. Ya karena tadi latarbelakangnya hampir sama. Tiba-tiba hari terakhir pendaftaran siswa baru Pakde(OM) gue nyaranin gue masuk ke SMP di Kota karena sayang NEM gue yang lumayan gede itu. Gue pun belum sempet mikir panjang langsung ikut aja. Kebetulan anak Pakde gue lebih tepatnya Kakak sepupu gue sepantar sama gue jadinya kita barengan daftar tapi dia masuk SMP 5 yang favorit sedangkan gue masuk SMP 6 yang standart aja.

Gak gue sangka lingkungan SMP di kota itu beda jauh dari yang di Desa. Di Kota itu latarbelakangnya beda-beda ada yang kaya banget ada juga yang miskin banget. Gue masuk Di tengah-tengah. Gak kaya dan gak miskin. Otak gue juga masuk di tengah-tengah. Gak pinter banget tapi gak bodo. Beruntung di kelas gue banyak yang latarbelakangnya mirip sama gue. Jujur aja gue lebih nyaman bertemen sama orang yang latarbelakangnya hampir sama kaya gue kenapa ? ya gak tau juga mungkin belum biasa aja, soalnya di SD temen gue hampir sama semua latarbelakangnya sama gue.

Tibalah di kelas 9 dimana kelas kita di random berdasarkan nilai tes-tes sebelumnya dan gue di Kelas D kelas yang sedang. Gak pinter banget dan Gak bodo. Temen-temen gue di Kelas G ya mau diapain udah darisananya ditakdirin gitu. Gue kasihan juga sih mereka yang miskin malah bodo-bodo sedangkan yang kaya malah pinter-pinter wajar aja sih secara fasilitas di rumah juga lengkapan yang kaya kalo buat belajar. Tapi fasilitas juga gak begitu ngaruh sama gue. gue dirumah fasilitas ya seadanya dan mungkin gue sistem belajarnya lebih buruk dari yang di Kelas G. Gue tuh kalo belajar cuma pas ada ulangan doang itu juga kalo inget dan di kelas pas pelajaran juga gue males-malesan di suruh nyatet paling cuma judul sama keterangan dikit, gak pernah nyatet lengkap gue.     *jangan di tiru

Gue di kelas D awalnya biasa aja gak ada yang aneh cuma gue gak ada temen ngobrol di situ sering juga gue bolos pelajaran dan masuk di kelas G dan temen-temen di kelas G pun welcome banget kalo gue disitu. meskipun beda kelas tapi ya kita cepet akrab karena latarbelakang sama itu. cuma kualitas otak yang beda dan membuat gue jauh dari mereka. saking seringnya gue bolos dan masuk di kelas G gue pun di panggil BK. Awalnya gw dikira bolos keluar sekolah tapi gak ada bukti di CCTV. Gue pun cerita di BK kalo gue gak nyaman belajar di kelas D. Darisitu gue dapet izin buat belajar di kelas G seterusnya.
 
Wajar aja kalo gue gak ada temen di kelas D soalnya cuma 20% siswa yang latar belakangnya sama kaya gue. Mungkin karena gue sering nongkrong sama anak yang nakal juga sampe gak ada yang mau nyapa gue di kelas. Gue gak benci sama mereka yang di kelas D tapi gue prihatin ternyata di negeri indonesia ini budaya rasis-nya masih gede. Warna kulit gue tuh beda sama yang lain. Mungkin karena itu juga gue gak banyak temen. Pas kelas 7 awalnya gue juga susah dapet temen karena gue gak punya kenalan satu-pun pas awal masuk itu tapi ya karena ada proses akhirnya gue ada temen tapi ya itu cuman satu kelas itu aja. Mungkin yang di kelas D cuma butuh proses tapi gak ada waktu saat itu karena bentar lagi UN (Ujian Nasional).

Dan UN pun tiba. Senin, 9 mei 2016 kami seangkatan mengikuti UN dengan lancar sampai hari terakhir. Kita udah berusaha maksimal untuk UN ini sekarang tinggal berdoa menunggu hasil pengumuman nanti. Abis UN ini kisah gue di SMP ini berakhir. Tinggal menunggu masa depan untuk mengenang semua yang terjadi di SMP ini. Kami semua akan berpencar mencari SMA yang pas untuk diri masing-masing.

Di tulisan ini gue berterima kasih sama tuhan karena sudah mentakdirkan ku sekolah di sini dan mendapat pengalaman berharga tentang komunikasi sosial. Terima kasih juga temen-temen seangkatan gue meskipun mungkin mereka gak mengenal gue tapi gak apa-apa dan gitu minta maaf juga yang sekiranya becandaan gue selama ini sering nyakitin hati temen-temen. Jujur aja gue gak PD kalo disuruh ngomong di depan apalagi pas persentasi mandi keringet gue di depan. Maaf juga untuk temen kelas 7 gue sempet di bikin repot karena di suruh nyari gue pas waktu bolos. Pengalaman bolos gue udah gue cerita di Sini.

Terimakasih udah baca tulisan ini, berkenan komen kalo sempet.. hehehe

JANGAN LUPA SUBSCRIBE BLOG INI YAAA

Comments

Popular posts from this blog

Hari Ketiga

Hari Ke Sembilan

Mencoba Menulis (day 1)