Berhenti Nyontek


Sumber gambar : google images

Sekarang gue udah selesai UN tinggal nunggu hasilnya sambil berdoa. Semoga aja hasilnya bagus dan cukup untuk nganter gue ke SMA favorit di daerah gue. Banyak diantara temen-temen gue yang panik dan takut akan hasil UN-nya itu. Mungkin bagi mereka nilai segalanya kali yaa. Gue sih termasuk golongan yang cuek sama hasil UN itu tapi gue juga gak nyepelein Nilainya, Gue sih yakin berapapun nilainya yang penting hasil kerja keras gue selama ini.

Dulu gue sering banget nyontek pas ulangan tapi ulangan harian sob bukan ulangan resmi kaya Ulangan tengah Semester , Ulangan Akhir semester. Menyontek itu perlu niat dan mental yang gede sob. Kenapa? Karena nyontek itu sama kaya judi, untung-untungan,  kalo kita beruntung kita dapet nilai gede tapi bukan hasil kerja kita sendiri sebaliknya kalo kita sial nilai kita bisa nol besar dan dapet poin dari BK deh.

Awal gue nyontek itu karena ngeliat temen gue yang nyontek dan dapet nilai bagus sedangkan guue yang belajar dapet nilai di bawahnya. Mulai dari itulah gue ikut-ikutan nyontek   *jangan ditiru
Disekolah gue nyontek ada tapi gak kaya gambar diatas, yang cuma a,b,c  nya doang. Kalo gue bikin contekan mah sama kaya bikin rangkuman yang inti-inti aja yang gue catet. Kadang pas malem gue bikin contekan besoknya pas ulangan malah  gak kepake tuh contekan karena gue dah hapal semua di kepala.
 
Kebanyakan orang yang bikin contekan itu gak belajar cuma ngandelin contekannya itu. Jujur aja saat gue nyontek pas ulangan gue deg-degan banget pas itu soalnya gue gak bisa ngerjain kalo gak buka contekan yang udah gue buat. Gue bikin contekan kalo guru pengampu pelajaran itu tipenya Cuma duduk di mejanya dan ngawasin dari depan kalo guru yang tipenya keliling buat ngawasin gue gak berani dah bikin contekan ketauan mampus gue...

Walaupun gue nyontek tapi nilai gue selalu gak beda jauh dari temen gue yang gak nyontek. Makanya dari itu gue berpikir “Dia aja bisa ngerjain tapi gak nyontek lah gw dah nyontek+deg-degan sampe jantung mau copot nilainya sama aja” dari situ gue dah dikit-dikit ninggalin kebiasaan buruk gue itu.

Setelah beberapa lama ninggalin kebiasaan buruk itu hidup gue lebih tenang, gak gampang panik kalo ada ulangan. Ngerjain ulangan juga tentram damai gak kaya dulu pas masih nyontek pas ngerjain ulangan pasti deg-degan sampe jantung serasa mau copot. Sebenernya ilmu nyontek gue udah tingkat tinggi diantara temen-temen gue.

Contohnya temen gue yang lain bikin contekan biasa ditulis tangan di kertas. Kalo gue nggak, saking materinya banyak dan berhubung males nulis jadi gue print dah contekannya dan gue buat ukurannya kecil banget se-telapak tangan gitulah. Kalo contekan buat rumus biasanya gue tulis ditisu kenapa? Biar guru gak curiga sob pura-pura aja kita lagi flu dan ngusapin tisu ke wajah sekalian buka dikit jos.

Wajar aja kalo gue dijulukin raja nyontek karena temen gue aja ngiranya gue gak nyontek tapi sebenernya gue nyontek. Selama gue nyontek emang belum pernah ketauan sih tapi deg-degannya itu yang bikin gue mundur dan tobat. Maka dari itu ditulisan ini gue ngajak pelajar-pelajar indonesia untuk tidak menyontek walaupun sedikit.

Karena gak ada gunanya sama sekali kalo lu nyontek berarti sama aja lu gak bersyukur sama tuhan. Tuhan udah ngasih lu kepala ngasih lu otak buat mikir eh gak lo pake dan ngeraguin fungsinya lagi. Contoh orang yang ngeraguin kekuatan otaknya “wah otak gue gak mampu nih gue nyontek aja deh."

So dari tulisan ini gue berharap kalian yang masih nyontek bisa tobat dan percaya sama kemampuan diri lo sendiri. Jangan sampe nyontek jadi budaya di Indonesia. Mungkin sekarang lo lolos alias gak ketauan tapi pasti ada waktu pas lo kena apesnya ketauan guru. Jadilah pelajar yang berkualitas. wkwk 

Comments

  1. setuju kak yukk usaha sendiri dengan sungguh-sungguh karena menjalani hidup sesungguhnya tidak se instant nyontek, nyontek membunuh mental secara perlahan.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat website yukk disini saja.. terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih udah baca postingan gue sob!
Alangkah lebih baik kalau kalian meluangkan waktu sedikit untuk berkomen di postingan gue ini :D
Karen satu komen dari kalian sangat berarti bagi gue :D

Thanks!

Popular posts from this blog

Hari Ketiga

Hari Ke Sembilan

Mencoba Menulis (day 1)