Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Seperti yang udah diberitakan, sekarang MOS dah gak dibolehin karena haram cenderung ke bullying siswa baru dan tradisi pembodohan itu sekarang udah musnah diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Begitu juga sekolah gue yang baru ini. Gue di sini gak disuruh bawa apa-apa buat MPLS paling cuma bawa alat tulis doang.

Tapi, entah mengapa pas sehari sebelum MPLS bapak gue nanya

"Besok suruh bawa apa aja? Name tag? Banner? Topi? Karung?"

"Nggak disuruh bawa apa-apa cuma bawa alat tulis. kan udah gak dibolehin yang gitu-gituan pak"

"Oohh iya ya. Cuma ngecek aja siapa tau masih ada"

Hedehh Ternyata sia-sia gue ngencengin volume tv pas ada berita dilarangnya MOS sama mendikbud. Padahalkan tujuan gue ngencengin volume supaya ortu gak nanya lagi.

Jadi seumur hidup gue baru satu kali ngalamin MOS, itu juga gak terlalu ngebully. Pas MOS SMP gue cuma disuruh pake name tag sama bawa taneman. *Taneman gue gak bawa, Berat

Semulanya gue bahagia MOS udah dilarang. Tapi setelah ngalamin MPLS rasanya pengen di MOS tapi gak diberatin banget. Asal kalian tau yaa. MPLS ini cuma kaya pengajian ibu-ibu. yang kitanya duduk diem dengerin orang ngomong di depan. Ngantuk? PASTI! Bosen? JELAS!

Sialnya disekolahan gue MPLS dilaksanakan 3 hari. dengan pembicara yang beda-beda. Ada dari polsek, puskesmas, BNN. Duduk berjam-jam pegel coeg. Terima di MOS yang suruh keliling sekolah daripada cuma duduk nahan ngantuk ginimah. Mana pulangnya jam 2 kurang 15 menit lagi. APES!

MPLS bak cobaan yang berat bagi gue. Bukan Happy yang didapet melainkan bosen, letih, ngantuk, pengen pulang, pengen ngamuk. Gak dikasih snack pula!

Buat pemerintah mending MOSnya adain lagi tapi tindakan bullying nya yang ditiadakan. Kalo yang bimbing osis minimal ada satu guru buat ngawasin. Pepatahkan bilang. "kalo kukumu panjang yang dipotong kukunya bukan jarinya"

Program pemerintah ini masih belum sempurna bagi gue. Pihak sekolah juga gak dipikirkan mateng-mateng. Seharusnya Pengenalan lingkungan sekolah diajak keliling sekitaran sekolah aja. kalo ada materi yaa dikelas aja yang tempat duduknya nyaman dan gak bikin pegel. Kalopun terpaksanya di aula, mending dibikin lesehan aja gak usah maksa pake kursi yang bikin sakit pinggang pak.

MOS malah ada sisi positifnya yaitu akan dikenang sepanjang masa sama yang diMOSin.

Semoga kedepannya lebih baik, acara untuk siswa barunya.

Comments

Popular posts from this blog

Hari Ketiga

Hari Ke Sembilan

Mencoba Menulis (day 1)