Bertemu (Lagi) dengan Kurtilas

Sebenernya gue males bahas si kurtilas ini. Gue cuma ngerasa gak sreg aja sama nih kurikulum. Kurtilas : KURikulum TIga beLAS. Jadi, Kurikulum ini rilis tahun 2013       *Yaiyalah B$GO

Eh jangan salah, Siapa tau rilis tahun 3013 atau 4013 atau 5013. Gak ada yang tau.  *Terserah lu dah

Pertama gue ketemu sama kurtilas pas kelas 2 SMP. Dimana saat itu Pak SBY masih menjabat sebagai Presiden dan Menteri Pendidikannya masih Pak Muhammad Nuh.

Kurtilas mengajarkan kemandirian kepada siswanya. Dimana guru hanya boleh menjelaskan sedikit dan siswa yang lebih banyak mencari. Siswa dituntut kreatif. Sekarang masalahnya, Buku aja belom ada, LKS juga gak ada, Terus mau belajar pake apa?

Selain itu kurtilas juga nuntut siswa harus memiliki laptop untuk sarana pembelajaraan. Yang satu ini yang bikin dongkol. Pas diumumin kalo harus pake laptop. Ayah gue langsung beli laptop buat gue belajar. Eh! Taunya CLBK ke KTSP 2006.  

Seketika itu laptop nganggur gak ada yang make sampai akhirnya dipake buat kerja ayah gue. Sebenernya laptopnya gak mahal-mahal amat. Gue juga kurang suka karena pas gue install PES 2013 Lag parah!
Penampakan Lepi gue

Pas beli laptop gue gak tau apa-apa tentang daleman laptop. Tapi sekarang gue udah tau semuanya. Hahahaha.                                        *Ketawa jahat

Dan gue pun menyusun rencana untuk merayu ayah gue buat beli laptop baru untuk gue di SMA dan tentunya yang lebih canggih dari sebelumnya..                   *Anak Licik  *Tak patut ditiru.

Tapi rencana itu gagal. Si Lepi dikembaliin lagi ke gue. OS-nya waktu itu masih windows 7. Gue upgrade ke Windows 10 malah jadi Lag! Yaudah gue downgrade lagi ke Windows 7. Tapi gak sesempurna yang dulu dan beberapa fungsi seperti wifi receivernya rusak. Terpaksa Upgrade ke Windows 10 (lagi) dan tidak ada yang rusak.                                 *Allhamdulillah
dan dari situ gue mulai buka jasa upgrade dan downgrade OS.      *becanda

Begitulah kisah gue bersama si lepi yang menjadi bahan percobaan gue. Lepi ini udah berkali-kali kebanting. Contoh aja barusan abis jatoh dari atas kursi ke lantai. Gak tau dah rusak apa kagak. Nih lepi dah nemenin gue 2 tahun belakangan.

Setelah install win 10 dan ngelag parah gue jadi males buka lepi lagi. Sampai akhirnya gue buka untuk menyambut kurtilas lagi pas SMA. gue berharapnya di lepi rusak. Eh Kagak! Yaudah lah mungkin emang jodoh gue sama nih lepi.

Yang gue gak suka dari kurtilas adalah gak ada pelajaran TIK dan diganti dengan pelajaran Prakarya. Kampret. Padahal Passion gue di TIK. Mana guru TIK tiba-tiba alih profesi jadi guru prakarya lagi. Gak ada guru lain apa?

Di kurtilas tiada hari tanpa Kelompok. Siklusnya Bikin kelompok => Bikin materi => Presentasi
Cara pembelajaran kaya gini gue malah binggung dan susah buat nangkep materinya. Kalo disuruh milih gue lebih milih KTSP 2006. Kata guru-guru juga materi terlalu susah. Masa materi yang harusnya buat anak kuliahan dikasih ke anak SMP.            *Lambaikan tangan ke kamera

Siswa nyari materi sendiri, bikin soal sendiri, ngerjain soal sendiri, Capek pak.

Pas eranya jokowi dan menteri pendidikan ganti jadi Anies Baswedan. Seketika Kurtilas di hilangkan. Disini para siswa menyambut bahagia.

Tahun ke 2 jokowi menjabat menteri pendidikan di ganti lagi              *Siswa menyambut sedih

dan SMAnya ketemu lagi sama kurtilas. Bangke!
Berasa jadi kelinci percobaan pak

Tiap hari gue ke warnet nyari materi sendiri. Keluar duit minimal Goceng. Ibu gue juga sampe geleng-geleng ngeliat gue sibuk setengah mati

Tiap ke warnet gue ngadepin cobaan. Pasti ada aja yang ngajakin main Game Online. Padahal gue lagi nyari materi. Gue pun cuma bisa liat yang lain main sambil was-was liat billing.
#TakutKebablasan

Kadang gue bisa sampe jam 8 malem cuma buat nyari materi. Di sekolah cuma belajar pake kelompok-kelompokan. Kadang cuma becanda doang isinya.

Tolong di evaluasi lagi deh Kurtilasnya.

Semoga gue kuat dengan Kurtilas ini :")


Comments

  1. RIP kurtilas bagi ane :v untung pemberlakuan Kurtilas mulai pad angkatan adek kelas ane :v

    ReplyDelete
  2. Iya bro, gue juga sedang merasakan betapa kejamnya kurtilas ini, udah banyak banget modal yang gue keluarin buat bikin makalah untuk bahan presentasi biadab itu, mirip" kuliah ini ma dah. YA RABB KUATKAN HAMBA. huahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga. Gue malah disuruh ngeprint buku sendiri :v kamfret bener :v

      Delete
  3. huahahah enak gitu kali, udah kayak anak kuliahan. jadi pas kuliah gak kaget lu :))

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih udah baca postingan gue sob!
Alangkah lebih baik kalau kalian meluangkan waktu sedikit untuk berkomen di postingan gue ini :D
Karen satu komen dari kalian sangat berarti bagi gue :D

Thanks!

Popular posts from this blog

Hari Ketiga

Hari Ke Sembilan

Mencoba Menulis (day 1)