Balada ROM Terkutuk

Beberapa bulan yang lalu musibah menimpa gue, gue jatoh dari motor dan hape gue juga ikutan jatoh dengan indahnya yang berakibat kerusakan fatal di daerah layarnya.

Alhasil gue dibeliin hape baru sama ayah gue. *bersyukur* dengan syarat jangan yang mahal mahal. Jadilah gue beli hape xiao*i (sengaja gue sensor biar kayak KPI). Gue beli yang RAMnya 2GB sama Internal 16GB serta kamera 13MP beserta LED FLASH dengan harga satu jeti enam ratus rupiah. Plus dapet bonus silicon case *Asikkkk* yaelah cuma dikasih silicon case aja seneng banget

penampakan hape gue


Gue emang udah lama ngincer hape ini. Kenapa karena harganya murah dan speknya tinggi. Sebelum gue punya nih hape gue udah paham bener nih masalah yang sering kejadian di hape ini apa aja juga cara ngebenerinnya.

Saat gue mulai buka buka hape ternyata nih hape pake ROM global developer yang masih banyak banget bugnya. Timbulah hasrat untuk ngeflash hape.

Setelah baca baca artikel tutorial ini dan itu dan segala bahan bahan tempur jadilah suatu malam gue buka laptop, install software-nya, colokin hapenya dan start flashing. TETAPI NA'ASnya proses flashing GAGAL.... huhuhu. T_T

Saat gue tau kalau proses flashing-nya gagal langsung buru-buru gue cabut dari laptop gue pencet ini itu. Sempat mati suri beberapa menit tuh hape gue sampai akhirnya hidup lagi setelah gue pijit-pijit dan komat kamit tidak lupa dipanjatkan.

Syukurnya hape gue gak kenapa-kenapa semua masih normal. Lalu dengan sangat bodohnya gue mencoba untuk kedua kalinya. Yang kedua kali ini juga GAGAL........ berbekal pengalaman di proses yang pertama tadi hape gue bisa kembali pulih,

Usut punya usut ternyata gue salah download ROM. Hape gue seri 3S sedangkan ROM yang gue download untuk seri 3 PRO. *nangis darah*

Beberapa hari gue mengurungkan niat untuk mengoprek si land (hape gue). Gue mencoba pasrah dengan ROM yang terkutuk ini. Kenapa gue bilang terkutuk ? karena nih rom bener-bener bikin gue emosi. Gue mau update lewat updater malah nge-bug. mau gue update lewat recovery kagak bisa, mau gue flash ada aja yang bikin gagal.

Gue sempet jalan jalan ke forum luar negeri untuk mencari pencerahan atas permasalahan gue ini sampai akhirnya gue nemu sebuah thread yang sama persis kaya apa yang gue alami ini. Kata itu thread katanya sih faktornya dari komputernya sendiri soalnya si pembuat thread pernah gagal nge-flash berkali-kali sampai akhirnya sukses di PC yang berbeda.

Setelah gue baca itu thread mulai lah ada penerangan. Oke kalo gak bisa pake laptop gue, gue bakal coba di PC warnet. Setibanya di warnet dan sudah memesan paket billing 5 jam gue mulai proses flashing. Apesnya lagi pas gue mau masuk mode EDL. KAGAK BISA! Kampret kagak tuh. Waktu pake laptop bisa masuk mode EDL tapi gagal karena salah ROM Ehh pas pake PC warnet malah hapenya yang kagak bisa masuk EDL!

Dan lebih kampretnya hape gue gak bisa dinyalain WI-FInya. Jadi gue gak bisa numpang WI-FI lagi.

Gue mencoba mencari cari mi helper daerah jogja dan ketemu tapi belum gue benerin karena kantong sedang tidak bersahabat.

Barusan gue baru aja ganti kartu. Lo tau kan kalo ganti kartu di hape. hapenya musti dimatiin? hape gue juga gitu. Beberapa waktu lalu hape gue sempet gue factory reset dan gak lupa juga gue backup data dan merestorekannya. Tapi pas gue abis reboot hape ini gue lupa polanya :"v hape gue ini ada fingerprintnya sob jadi gue kebiasaan pake fingerprint sampai jarang lagi make polanya dan sistem hape gue ini mewajibkan pengguna memasukan pola setelah reboot.

Alhasil hape gue ke lock dengan posisi kartu yang kuota-nya abis dan gak terhubung ke internet sama sekali. Jadi gue nunggu sampai gue mampu beli kuota untuk memulihkan hape terkutuk ini. T_T

Saran gue bagi kalian yang gak mau repot kayak gue ini mending beli hape yang udah jelas resmi di Indonesia. Jangan kaya gue yang demi harga murah sampe gak mikirin kinerja si hape sendiri dan satu lagi gue gak pernah puas sama yang namanya teknologi jadinya gue suka ngoprek sana sini biar hape murah gue ini kinerjanya menyamai iphone yang harganya setengah harga umroh.

Gue kagak bilang kalo Xiao*i itu produk jelek. Xiao*i itu bagus speknya tapi gue aja yang apes dapet ROM yang terkutuk ini. Namanya juga murah sob jadi ya banyak kekurangannya.

Mungkin ada diantara kalian yang mengalami kejadian apes kaya gue ini ? atau cuma gue ? fak lah kayanya cuma gue soalnya gue coba tanya di forum pada bingung semua.

Comments

  1. Gue pernah merasakan hal yang sama. Gue memesan Xia**i Red*i 3S Pro. 3 Kali gue upgrade downgrade, dan itu membuat gue harus 3 kali bolak-balik BEC (Bandung Electronic Centre) sehingga membuat kantong gue harus bocor, demi terselamatkannya perut gue selama nungguin itu hp diflashing.

    Dan ternyata, masalahnya simple. Gue salah sebut, ternyata hp gue itu Xia**i Red*i 3S Prime, bukan Pro. Asem betul. Tau gitu, dari awal bakal sukses.

    Gue juga sama kaya lu bang. Kalau nggak puas, pasti gue benerin sampai puas. Bedanya lu apes, karena lu ngoprek sendiri. Harusnya lu percayain aja ke ahlinya. Karena hp merk ini berbeda dengan hp yang lain, karena hp ini masih banyak problem software, jdi jangan coba upgrade dari upgrader ataupun upgrade seorang diri, kalau belum ahli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya bang, gue terbiasa ngelakuin apa apa sendiri. Soalnya di daerah gue jarang ada yang bisa :v

      Delete
  2. gue juga pengguna Xiaomi mi redmi note 3 ..
    baru 2 mingguan sih
    tapi ga ada kendala ko
    asik-asik aja.
    mungkin rejekinya anak soleh ..

    Moga HP mu cepet bener ya kelelawar, jangan gila lagi :p

    ReplyDelete
  3. aku bukan pengguna hape merk itu, dan nggak pernah nguprek hape. kecuali untuk download aplikasi dan menghapusnya. Iya cuma segitu doank kemampuan aku. Huhuhu. AKu bahkan gak tau apa itu bug. :v :v

    Yang penting hape aku bisa dipake dan gak lemot aja. pengguna Sony xperia

    ReplyDelete
    Replies
    1. bug itu dari bahasa inggris yg artinya kutu. kalo di alat elektronik bug itu semacam proses yang gak berfungsi dengan baik. *CMIIW

      oh sony experia ya, kameranya bagus tuh :D

      Delete
  4. Intinya cerita lo ini sih, lo gak beruntung banget. Hehe

    Klo sana teknologi emang gitu, gak pernah puas. Gue juga gitu. Hehe

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. semoga hapenya cepet bener ya. emang klo cowok senengannya hape di otak atik hehe :D gapapa, biar punya hape gak bego2 banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan hapenya smartphone masa yang make gak smart :v kan gak cocok

      Delete

Post a Comment

Terima kasih udah baca postingan gue sob!
Alangkah lebih baik kalau kalian meluangkan waktu sedikit untuk berkomen di postingan gue ini :D
Karen satu komen dari kalian sangat berarti bagi gue :D

Thanks!

Popular posts from this blog

Hari Ketiga

Hari Ke Sembilan

Mencoba Menulis (day 1)