Latihan Tonti (PEGEL!)

Source : google images
Pleton Inti atau yang biasa disebut "Tonti". Kegiatan baris-berbaris yang membutuhkan kedisplinan dan kekompokan dari semua anggota pleton. Identik dengan penampilan yang gagah dan berwibawa seperti halnya tentara yang akan pergi perang dan tidak tahu apakah dia akan pulang bernyawa atau tidak.

Setelah gue menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari. Di hari senin minggu depannya gue diwajibkan untuk mengikuti latihan tonti.

Lo semua yang sekolah formal pasti ngalamin ini. Dimana kita gak minat ikut tapi 'Dipaksa' untuk ikut. Rasanya tuh kaya lo lagi BAB di rumah temen sedangkan saat itu lo lagi mencret. Mau dikeluarin gak enak takut suaranya brat bret brot kedengeran sampe luar. kalo ditahan malah jadi penyakit. Serba Salah!

Hari Senin (H-2)

Kita semua dikumpulin di Padang mahsyar lab biologi. Ada pengumuman dari kakak kelas anggota Partai Tonti. Dengan tampang super jutek dan sedikit sombong para kakak kelas perempuan memasuki ruangan. Meja yang tak bersalah pun dipukulnya hingga berbunyi "Plakk" untuk menenangkan semua orang yang ada di ruangan. Pengumuman satu persatu dibacakan. Jika ada yang berisik di pukul lagi lah sang meja yang tak bersalah. Begitu seterusnya sampai telapak tangannya memerah. Berikut inti dari pengumumnya

1. Siswa laki-laki wajib potong leher Rambut 1-2-1 ala militer
2. Wajib memakai kaos kaki 30 meter centi dari mata kaki
3. Wajib memakai kaos putih polos
4. Wajib memakai papan nama untuk di dada dan punggung.
5. Wajib memamakai topi osis

Dari semua peraturan di atas, cuma satu yang gak gue taatin. Yaitu kaos kaki 30 centi di atas mata kaki. Kenapa gak gue ikutin? Karena sebelum pengumuman oleh anggota tonti tersebut sudah dibagikan surat selebaran untuk ditujukan ke orang tua dan disurat selebaran itu tidak tertulis wajib memakai kaos kaki 30 meter centi diatas mata kaki.

Hari Minggu (H-1) 

Semua perlengkapan dah gue beli termasuk kertas karton buat papan nama. Tinggal satu yang belum yaitu 'Potong Rambut'. Dari kecil potongan rambut gue gayanya kaya tentara terus, ya karena masih kecil gue gak tau bokep model rambut terus diarahinlah sama ayah gue. Di kelas 1 smp gue pun mulai sadar tentang apa itu bokep model rambut. dan dari situ gue dah bilang ke ayah gue kalo gue mau potong rambut sesuai dengan selera gue sendiri.

Dari kelas 1 smp itulah gue meninggalkan model rambut tentara. Ternyata dikelas 1 sma gue ketemu lagi sama model rambut tentara. Jangan-jangan kita jodoh? Semoga aja tidak. Jam 3 sore ibu gue udah teriak nyuruh buruan potong rambut keburu malem. Tanpa pikir panjang gue pun berangkat. *Anak sholeh patuh pada orang tua

Pas sampe di tempat cukur ternyata sepi. Gue langsung duduk dan bilang ke-mas-nya

Gue                 : "Mas potong 1-2-1"
Tukang cukur : "Siap"
Gue                 : "Kependekan gak yo mas kalo 1-2-1?"
Tukang cukur : "Yo gak tau, Mau di coba dulu po? kalo nomer 2 tuh setengah centi"

Dalem hati gue mikir "Loh kok nomer sih? bukannya centi ya? Apa gue salah? Apa masnya yang salah? 1-2-1 tuh nomer apa centi ya? Ah bodo amat deh "

Gue : "Yaudah Mas coba dulu di pinggir"
Tukang cukur : "*srett udah motong rambut pinggir gue dan hasilnya. pendek banget!"
Gue : "*Setengah panik dan langsung batalin potong 1-2-1 dan mutusin yang tengah potong 1 centi"

Setelah potong selesai dan hasilnya tidak sesuai ekspektasi. ekspektasi gue potongannya gak pendek banget begini. Dalem hati gue bilang "Ah kampret kalo tau gini gue nanya dulu yang dimaksud 1-2-1 tuh centi apa nomer alat cukurnya"

Rambut pinggir gue pun udah mau abis di cukur. Maksud gue tuh potong tentara biasa aja bukan potong kaya anak akademi ABRI. Kan beda mas Akademi sama yang udah jadi tentara. Kalo akademi mah udah setengah botak itu.

Walaupun gak sesuai ekspektasi tapi gue tetep bersyukur karena gak jadi potong 1-2-1 meskipun masih kependekan juga rambut gue. Bayangin aja kalo dipotong 1-2-1 tengahnya cuma setengah centi, pinggir-pinggirnya pada botak.

Kacrut. Terima potong di tukang cukur biasa yang udah pengalaman daripada di barbershop yang isinya mahasiswa part time yang pengalamanya dikit. bahkan ayah gue pernah berdarah gara-gara kena silet  pas cukur sama mahasiswa part time. Bolehlah Part time buat tambah tambah biaya kuliah tapi ya gak ngasal juga.

Setelah menerima musibah rambut, gue pun pulang dan keramasin rambut biar cepet numbuh.

Hari Senin (H) 

Setelah Kegiatan Belajar Mengajar kami diberi waktu 2 jam untuk salin dan makan siang dan beristirahat. Coz waktu itu cuaca lagi mendung. Gue berharap bakal hujan deres eh ternyata pas kita baris di lapangan cuaca mendadak cerah. Matahari nongol dengan panasnya. Bener-bener kamfret dah. Kaya ada pawang hujannya. Pas break hujannya turun lagi. Eh pas waktunya latihan lagi hujannya pergi. Siapa sih yang ngundang pawang hujan? 

Malemnya setelah latihan Tonti. Kaki gue kram. Sakit banget sob. Kakinya jadi kenceng gitu. Semoga aja nanti dimalam kedua gak Kram lagi. Dilatihan tonti ini gue gak berharap masuk tonti tapi kalo masuk sih ya Allhamdulillah Kalo gak masuk ya gak apa-apa. Kalo bisa sih masuk. Coz gue gak punya kesibukan lainnya. Hanya menjadi seorang pelajar yang mengharapkan uang saku banyak, pelajaran kosong setiap saat, pulang cepat setiap hari. Tapi kenyataan tak semanis ekspektasi.

Ilmu-ilmu dasar tonti dah diajarin. Tinggal ngehafalin doang. Yang penting dari tonti mah cuma satu yaitu 'T' kalo gak ada 'T' gak jadi Tonti jadinya onti. Gak lah, becanda. Keren dah kalo bisa masuk tonti. Apalagi kalo jadi danton yang tugasnya ngomong dan ngatur klepon Pleton. Kegiatan latihan masih panjang sob. Sampai hari jumat. Semoga gue kuat menjalani ini semua :")

Comments

Popular posts from this blog

Hari Ketiga

Hari Ke Sembilan

Mencoba Menulis (day 1)