BUKBER

Sumber gambar : Google Images

Seperti Judulnya yaitu BUKBER (Buka Bareng) tulisan ini menceritakan tentang BUKBER. Yaiyalah!

Oke Langsung Aja!.

"Kemana?"

"Kesini lah"

"Kemana?"

"Kesini!"

Bukber! Terdiri atas 2 suku kata. yaitu Buk dan Ber. Dimana masing-masing suku kata adalah singkatan dari satu kata. Singkatan adalah bentuk Pendek suatu kata yang dapat mewakili kata tersebut. Buk mewakili "Buka" dan Ber mewakili Berak "Bersama. Bukber" adalah suatu kegiatan di bulan Ramadhan dimana para manusia berkumpul disuatu tempat baik itu restoran, pom bensin, atau toilet sekalipun. Biasanya para manusia ini berkumpul antara jam 3 sampai jam 5 sore.

"Kenapa Sore?"

"Karena kalau pagi namanya sahur bersama!".

"Kenapa ya kok gak ada sahur bersama? kenapa cuma ada buka bersama? Si Sahur ga dianggap? Kasihan"

Mungkin Ada beberapa alasan kenapa sahur bersama gak ada.

Mungkin jam bangun sahur setiap orang berbeda-beda. ada yang jam 2, jam 3, jam 4 atau jam 5. Eh jam 5 kayanya dah shubuh deh. Makanya atas dasar itu susah buat ngumpulin orang. Misal ada yang ngajak sahur bareng jam 2 eh si A Bangun Jam 3 eh si B bangun Jam 4. Kalopun Udah ngumpul Pasti udah imsak duluan.

"Loh kok malah bahas Sahur sih!"

"Oke back to topic".

"Topic? Penyanyi Religi ya?"

"Itu Opick. Beg0"

Kegiatan buka puasa bersama tampaknya sudah menjadi tradisi pada banyak kalangan. Mulai dari buka bersama keluarga besar, Teman sekolah atau kampus, ataupun grup komunitas tertentu. Acara ini tidak harus berlangsung di restoran atau mall namun, acara ini juga dapat lebih khidmat dan hemat jika dilaksanakan dirumah. Tapi kalo dirumah kayanya gak begitu berkesan deh. Kalo buat anak kost sih yang penting kenyang dan gak nyiksa dompet. Contohnya di angkringan (kedai khas yogya yang buka sore hari hingga larut malam).


Buka Bersama! kebetulan hari ini gue ada jadwal buka bersama dengan temen-temen satu angkatan pas SD (Sekolah Dasar). Bukbernya sih seru banget. itung-itung reuni dan temu kangen gitu. Langsung akrab lah. 6 tahun bareng-bareng. Dari lulus TK sampe lulus SD. Dari yang goblok sampe yang tambah goblok. Tapi kurang berasa karena kurang lengkap sob. Gue kira cuma wacana doang ternyata beneran. Coz gue selalu disamper temen kalo mau pergi. Kalo gak disamper ya males. wkwk.

Rencananya jam 3 kumpul, tapi jam 3 gue baru mandi. Jam 3 lewat 15 gue disamper. Sampe disini kita belum berangkat. Melainkan nyamper temen-temen yang lain. Jaman udah berubah sob. Kalo dulu nyamper temen pake cara teriak-teriak manggil namanya. Kalo sekarang sampe depang rumah, buka HP, Kirim PING di BBM, terus kirim pesan 'Aku dah didepan, buruan keluar"

Kebiasan orang indonesia adalah ngaret. yap betul sekali. Janjian ngumpul jam 3 tapi nyatanya baru ngumpul jam 4 lebih 30 menit. Itupun gak lengkap. Tujuan buka bersama disini adalah Buka puasa bersama bukan sekedar temu kangen dan bersorak sorai bersama kolega, namun lihatlah ini sebagai momen untuk menyambung tali silaturahmi yang telah lama terputus dari kawan lama atau saudara jauh misalnya. Yah begitulah setelah sekitar 3 tahunan pisah sekolah dan jarang ketemu akhirnya bisa ketemu juga sama temen-temen lawas. begitulah orang jawa bilang. atau biasa disebut "Konco Lawas"

Dibalik kegiatan bukber juga ada manfaat loh sob. Jika kita cermati tenyata tradisi ini juga memiliki manfaat bukan hanya bagi peserta buka puasa bersama namun juga bermanfaat bagi orang lain. Adanya ajang kumpul-kumpul ini mestinya dimanfaatkan pula untuk membuka jalan dalam berlomba-lomba dalam kebaikan dengan kegiatan ibadah secara kolektif, seperti mengumpulkan zakat dan menyalurkannya ke wadah yang membutuhkan misalnya.
Dengan demikian, kegiatan ini sangatlah bermanfaat dan diharapkan untuk bisa terus eksis. Alangkah lebih baiknya apabila buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan ini juga ditingkatkan kwalitasnya dan bisa dinikmati jamaah dalam skala yang lebih luas.

Jam 5 kita udah nyampe ke tempat tujuan dan mulailah ngobrol ngalor-ngidul mengingat kenangan saat masa-masa SD. Dari yang ejek-ejekan nama orang tua sampe lupa nama aslinya tapi inget nama ortunya. Walaupun cuma bukber diwarung makan sederhana dipinggir sawah. Tapi makanannya enak sob. Wajar aja rame banget pas dateng. Dari yang awalnya gue gak suka ikan nila tapi disitu gue abis makannya. Padahal ikan nila terkenal sama durinya yang banyak dan gue gak suka makan ikan yang banyak durinya. Kenapa? Males nyabutin durinya Sob!.

Yang paling seru pas ketemu temen SD adalah kekocakannya. Gak berhenti ketawa gue kalo keinget masa-masa Sd dulu. Mulai dari yang berangkat sekolah jalan kaki, Bawa petasan ke kelas terus disita, Sok-sokan pake sepeda tinggi padahal masih pendek waktu itu, dan berakhir dengan nyemplung ke selokan. Beranang di kali terus sandalnya hanyut, dikejar orang gila pake sepeda, Maling mangga tapi ketauan yang punya. *Suram

Bedanya temen dikampung sama di kota adalah kalo dikampung temen-temennya gak beda-bedain temen, Kalo dikota kebanyakan cuma ngeliat harta doang, Deketin cuma pas banyak duit dan hilang saat lagi bokek. Walaupun gak semuanya sih yaa

Gak terasa dah selesai aja bukbernya. Pas pulangnya pada mencar sendiri-sendiri. Bayangin kalo ada yang ketinggal terus gak hapal jalannya. Bisa Berabe! Yang lain kenyang dia bimbang.

Gak terasa juga ini post udah panjang banget kaya tol cipali. Makasih udah mau baca! Komen kalo bisa sob!

*Gak enak ya bukber adalah mengakibatkan kanker (kantong kering)

Comments

  1. Halo! Salam kenal dulu yaa! Kayaknya baru pertama kali nih main ke sini! \(w)/

    Bukber eemang seru sih (kalo buat yang udah lama ga ketemu) bisa jadi ajang kangen-kangenan dan cerita jaman dulu pas masih bego-bebgonya. Hahahaha. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga sob,

      Yo'i.

      Thanks banget nih dah mampir kesini :D

      Delete

Post a Comment

Terima kasih udah baca postingan gue sob!
Alangkah lebih baik kalau kalian meluangkan waktu sedikit untuk berkomen di postingan gue ini :D
Karen satu komen dari kalian sangat berarti bagi gue :D

Thanks!

Popular posts from this blog

Hari Ketiga

Hari Ke Sembilan

Mencoba Menulis (day 1)